Masyarakat Di Minta Waspada Dengan Petugas PLN Gadungan
0 Komentar 543 pembaca

Masyarakat Di Minta Waspada Dengan Petugas PLN Gadungan

Nasional

CIKAMPEK.INFO-NUSA.COM- Bagi masyarakat Cikampek Kotabaru dan sekitarnya harus waspada terhadap petugas gadungan yang mengaku-ngaku dari PLN mendatangi kerumah rumah dengan modus mengganti material.

Seperti yang dialami oleh Asep Sasmita salah seorang warga Blok DA A25 Perumahan Bumi Indah Pesona Desa Cikampek Barat Kecamatan Cikampek Kabupaten Karawang yang mengaku hampir tertipu dengan ulah petugas gadungan yang mengaku-ngaku dari PLN yang mendatangi rumahnya.

Awalnya rumah ia didatangin 3 (tiga) orang yang mengaku sebagai petugas PLN " bapak- bapak itu datang bertiga langsung menyuruh ibunya menyalakan semua peralatan yang menggunakan listrik, setelah dinyalakan semua, terang aja langsung jeklak (alat tsb) " ujarnya.

Lalu petugas gadungan tersebut menyuruh menandatangani surat persetujuan ganti Spedo meter karena sudah lama "karena dah lama ni harus ganti " katanya petugas ditirukan Asep sasmita.

Saat itu dipertahankan sebabnya tiba-tiba petugas memeriksa rumahnya sedangkan para tetangga tidak ada yang diperiksa "saya heran kenapa rumahnya saja yang diperiksa sedangkan para tetangga juga punya listrik, tidak diperiksa tidak disuruh ganti material, saya bertanya, bapak bapak dari mana apakah ada izinnya " katanya.

Sontak para petugas gadungan PLN dibuat kalang kabut untuk menjawabnya bahkan terkesan jawabannya ngambang " saya pun menolak untuk diganti material PLN karena tanpa ada pemberitahuan dahulu alhasil petugas tersebut sedikit mengancam " kalau begitu listriknya kita putus " ucapnya.

Penasaran dengan kata-kata Petugas dipersilakan untuk memutus sambungan listriknya " Silakan Pak jika mau di putus " kata asep.

Tak gentar dengan gertak petugas gadungan Asep pun menggunakan jurus jitu "silakan bapak-bapak cungkil alat Listrik rumah saya setelah para tetangga semua di periksa, bahkan satu desa bapak periksa, baru rumah saya bongkar "jelasnya.

Rupanya petugas gadungan masih penasaran lalu menggunakan jurus pamungkas dengan sedikit menakut-nakuti dengan ada anggota " ya kita bawa Polisi "kata petugas pada Asep.

"Suruh keluar tuh anggota Polisinya jangan diam aja di dalam mobil "bentak asep. Petugas Gadungan yang mengaku PLN pun terdiam sebagian lainnya pura-pura disibukan dengan HP nya.

Sekedar diketahui modus penipuan inipun bukan kali pertama terjadi, bahkan sebelumnya juga pernah terjadi diwilayah Purwakarta Kecamatan Purwakarta modus operandinya yaitu memeriksa KWH Listrik.
Ditemui Dikantornya Kepala Unit Layanan Pelanggan (ULP) PLN Cikampek Paroloan Siahaan SE menyampaikan bahwa, menanggapi hal tersebut, Kepala PLN Cikampek Paroloan Siahaan SE menyampaikan kepada masyarakat pelanggan PLN untuk selalu waspada dengan berbagai macam modus yang dilakukan orang yang mengaku-ngaku Petugas PLN "setiap petugas dilengkapi dengan pakaian khusus serta Tanda Pengenal Resmi berikut dengan surat tugasnya " ujarnya.

Jika ada yang mengaku ngaku Petugas PLN dan meminta sejumlah rupiah kata Paroloan harus waspada dan tilpon di 123 "PLN dan seluruh Petugasnya tidaj berhaq untuk meminta sejumlah uang kepada Para Pelanggan atau masyarakat sebesar apapun " ucapnya.

Ia menjelaskan seluruh transaksi yang berkaitan dengan pembayaran itu hanya dapat dilakukan oleh pelanggan sendiri melalui loket loket Pembayaran atau ATM dengan mendapatkan nomor Registrasi yang sah dari PLN, jadi seluruh pembayaran di PLN itu harus pakai nomor Registrasi sesuai dengan yang diberikan PLN, jadi tidak ada model Kwitansi " jelasnya.

Bahkan pihaknya (PLN -red) sering melakukan sosialisasi ke setiap desa dan masyarakat langsung untuk memberikan edukasi tentang Prosedural petugas PLN resmi " kami sering sosialisasikan jika PLN tidak menjual material masyarakat harus waspada pro aktif menanyakan surat tugas agar kita terhindar dari pada penipuan oleh Petugas Gadungan " pungkasnya.

Ajp/man : Info-nusa.com

Author

Profil

 

STRUKTUR ORGANISASI
MEDIA ONLINE
INFO-NUSA.COM
Pimpinan Redaksi : Iwan, ST.,S.Kom.,MM
Biro Kab. Karawang : Tarman Seherman
Biro Kab. Purwakarta : T. Seherman
Biro Kab. Subang : Tajudin
Bidang IT : Deni Akbar
Bidang Video : Wawan Setiawan
Wartawan : Tarman Seherman
  : Asep Jaya Pranata
  : Dimas Prasetiawan
  : Ilham Abdulah
     


Berita Terkait

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh

Komentar Facebook

Back to Top